Hukum Penyusuan yang Bercampur
"اللجنة
الدائمة للإفتاء"
الفتوى
رقم (٢١٠٥٧):
س:
امرأة أرضعت طفلا من لبنها، ولكنها لم ترضعه من ثديها مباشرة، وإنما وضعت اللبن في
رضاعة وخلطته بلبن صناعي ثم أرضعته، فهل يؤثر هذا اللبن ويجعل الطفل ولدا لها؟
وكيف نحسب الرضعات في هذه الحالة؟ وجزاكم الله خيرا.
ج:
لبن المرأة المشوب بغيره من لبن صناعي أو ماء أو نحو ذلك له حكم اللبن الخالص إذا كانت
صفات اللبن باقية؛
لأنه متى كانت الصفات
ظاهرة فقد حصل شربه، ويحصل منه إنبات اللحم وإنشاز العظم، كما يحصل من الارتضاع
المباشر للبن الخالص من الثدي، فوجب أن يساويه في التحريم؛ لعموم الأدلة،
كقول النبي صلى الله
عليه وسلم:
«يحرم من الرضاع ما
يحرم من النسب »(١)
، وقوله صلى الله عليه
وسلم:
«لا رضاع إلا ما
أنشز العظم وأنبت اللحم »(٢)
وتحسب الرضعة بترك
الطفل الرضاعة لانتقال من ثدي إلى ثدي أو تنفس، فكلما توقف حسبت رضعة واحدة، وهكذا.
وبالله
التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
Artinya:
Pertanyaan:
Seorang wanita menyusui seorang anak
dengan susunya, akan tetapi dia (wanita,pent) tidak menyusuinya secara langsung
dari payudaranya, tetapi dia susui dengan satu tempat dan dia campuri dengan
susu buatan, kemudian dia menyusuinya.
Maka apakah susuan yang seperti ini
dapat berpengaruh dan menjadikan anak susuan tersebut sebagai anak susuannya?
Dan bagaimana cara kita menghitung
susuan yng seperti ini?
Semoga Allah membalas anda dengan
kebaikan.
Jawaban:
Susu wanita (ibu susuan) yang dicampuri
dengan air susu buatan atau yang semisalnya, sama hukumnya dengan hukum susu
murni (ASI, pent) apabila sifat susu tersebut (ASI, pent) masih tetap ada.
Karna jika sifat susunya (ASI, pent)
masih jelas maka sungguh dia telah meminumnya (ASI,pent) dan akan memberi
pertumbuhan pada daging dan tulangnya. Sebagaimana susuan dari ASI murni secara
langsung.
Maka wajib disamakan (hukumnya,pent)
dalam keharaman (menjadikannya mahram, pent). Karena keumuman dalil-dalil
(dalam masalah penyusuan, pent), seperti sabdanya:
"Keharaman (kemahraman) dari
penyusuan adalah seperti kemahraman dari nasab"
(Riwayat Bukhari, 2640 dan Muslim, 1447)
Dan sabdanya:
"Tidak ada penyusuan (teranggap
dalam syar'i, pent) kecuali yang dapat memberi pertumbuhan daging dan
tulang" (Riwayat Imam Ahmad dan Abu Daud)
Dan dihitungnya satu susuan adalah
apabila anak tersebut meninggalkan payudaranya karena berpindah atau karena
barnafas.
Setiap dia berhenti dari menyusu, maka
dihitung satu kali, dst.
Sumber: {Fatawa Lajnah daimah no.21057,
yang dianggotai oleh:
Syaikh Bakr Abu Zaid, Syaikh Sholeh
Al-fauzan, Syaikh Abdulloh Gudayyan, dan di ketuai oleh: Syaikh Abdul 'Aziz Alu
syaikh.}
Diterjemahkan oleh:
Al-Ustadz Farhan bin Ramli bin Ahmad ~حفظه الله~
Artikel mukmin.net
Post A Comment
No comments :