Menyoal ''Kemanusian" Barat


Bukan hal yang baru ketika Barat dengan perasaan percaya dirinya yang berlebihan sebagai manusia,  menghembuskan badai keraguan dan kerancuan mengenai apa yang kodrati. Kita kini, kembali dihadapi pada persoalan yang betapa memperihatinkan, persoalan legalisasi LGBT, yang tak perlu kita syak lagi, bahwa Barat adalah yang dengan bangga menyuarakannya.
Barat, memang sering merasa, dan kemudian kelihatan hebat, saat mereka menciptakan berbagai studi keilmuan untuk melegitimasi hasrat. Kemudian menciptakan mekanisme pengkondisian pola pikir insan terpelajar untuk meyakini tentang apa yang telah mereka ciptakan sebagai ilmu adalah objektif dalam arti bebas nilai (free value). Persoalan LGBT, termasuk ke dalam propaganda Barat yang masuk melalui dalih ilmu antropologi yang dianggap bebas nilai itu. Oleh karenanya, meyoal persoalan ini, penulis hendak lebih jauh melihat dari sisi cara  berfikir atau pendangan dunia, yang menjadi sebab wujudnya kerancuan-kerancuan hasil reproduksi keilmuan Barat.
Seorang dosen, pernah dengan semangatnya mengajarkan atau mungkin lebih tepatnya mempropagandakan, bahwa ilmu antropologi telah melahirkan secara objektif perspektif perbedaan antara gender dan sex, perspektif ini menjadi palu bagi para pejuang feminisme dan emansipasi wanita untuk melegitimasi kesetaraan antara laki-laki dan perempuan secara mutlak dari sisi peranan, tanggungjawab, dan hak. Hak pembagian harta warisan dalam Al-Quran pun yang dianggap tidak adil digugat. Padahal Islam mengajarkan keadilan peran, tanggungjawab dan hak, bukan kesetaraan. Adil tentu berbeda dengan setara. Dan gender serta sex semestinya dibedakan tanpa mengingkari kenyataan bahwa sex mempengaruhi gender, artinya, keduanya mesti dilihat dalam hubungan yang kausal. Namun Kenyataannya tidak demikian, para penyambung lidah Barat menjadikan postulat kemanusiaan yang diciptakan para antropolog itu seperti rukun iman. Padahal, ilmu antropologi adalah sarat nilai, value judgment. Dan memang setiap ilmu sejatinya adalah sarat nilai, paling tidak dalam dua kategori pandangan dunia (world view) ; humansentris dan teosentris.
Pemujaan Barat terhadap pandangan yang humansenteris menguat sejak bergulirnya renaissance dan aufklarung (pasca abad pertengahan) yang lahir sebagai respon traumatik atas otoriterisme alam Kristen (Christendom) dengan teokrasi gerejanya. Bergulirnya renaissance, mendeklarasikan supremasi rasionalitas dengan berbagai klaim kebenaran universal yang ini kemudian dikenal sebagai karakteristik modernisme. Tetapi kini, Barat yang mungkin dia lelah dengan modernismenya, pandangannya tentang kemanusiaan tampak beralih dari modernimse ke posmodernisme yang menolak segala klaim universal kebenaran dengan berbagai varian pemikirannya. Namun, apakah modern atau posmodern, keduanya dipelopori Barat dengan pandangan dunia yang humansentris.
Inheren dalam pandangan dunia  yang humansentris ini adalah penempatan akal sebagai konsideran tertinggi, akal demikian harus dilepaskan liar untuk merajarela ke segala lapangan kehidupan tanpa `sabuk pengaman`, akal harus mengkritisi segalanya termasuk hal yang kodrati.  Berfikir tanpa `sabuk pengaman` (meminjam istilah Gahral Adian) ini yang mengantarkan manusia kepada apa yang sebenarnya palsu hingga gagal menyerap wahyu. Kemanusiaan dengan aktivitas berfikir dan kontemplasi memang tak dapat dipisahkan. namun aktivitas berfikir mestinya perlu dilakukan disertai dengan `sabuk pengaman`. Karena Aktifitas berfikir dengan menggunakan `sabuk pengaman` merupakan konsekeunsi logis dari kemanusiaan. Syarat mutlak berfikir sebagai faktor  internal untuk mencapai kebenaran ialah, (1) mencurahkan segala kemampuan, dan (2) menyadari keterbatasan. Kita tidak dapat menggapai kebenaran bila terlalu yakin degan kemampuan, namun lupa tentang keterbatasan. Mengingkari keterbatasan sama artinya dengan mengingkari kemanusiaan.
Bila kita merujuk pada kenyataan, kita akan menemukan contoh di mana selalu ada konsekuensi  negatif  kala manusia mengingkari prinsip-prinsip kemanusiaannya. Terkait dengan apa yang sedang ramai dibicarakan mengenai legalisasi perkawinan sejenis di Amerika Serikat, sebuah kisah `insipiratif` di sini perlu diceritakan. Adalah Michael Focault sebagai contoh, seorang filsuf anti-kodrati yang lahir dari rahim pemikiran posmodernisme. Ia dikenal dengan pemikirannya yang mengobrak-abrik kategori kebenaran. Basis pemikirannya jelas humansetris, yang menjadikan akal pikiran sebagai konsideran tertinggi, daya jelajah akal kemudian tak dapat dibatasi dan akhirnya menjadi destruktif terhadap apa saja yang kodrati. Saat kita meyakini bahwa seorang lelaki merupakan pasangan bagi perempuan adalah kodrat, maka Focault menginterupsi itu, ia mendobrak realitas kodrati tersebut, mencoba menghancurkan konsensus universal umat manusia. Maka homoseksual baginya adalah kenyataan logis dan normal yang layak untuk diaktualisasikan. Hebatnya, ia bukan cuma meyakini prinsip ini secara teoritis, namun juga mengekspresikannya dalam langkah praktis. Ia benar-benar menjadi homoseksual dalam kenyataan yang memaksanya kemudian untuk menerima Ultimatum virus AIDS, Foucaultpun tak bisa hidup lebih lama. Ya, Focault memang seorang pemberani, namun sayang, Sang Pencipta dan Yang Maha Kuasa tidak bersamanya.
Bila kita beranalogi tentang prahara yang menimpa kehidupan manusia pada hari ini dengan apa yang diderita Focault, kita mestinya menyadari, bahwa segala kerusakan yang terjadi hari ini di dunia, mulai dari bencana kemiskinan, penurunan harga nyawa manusia yang meningkatkan angka pembunuhan, reaksi alam atas kerakusan manusia yang menyebabkan banyak bencana alam yang merenggut nyawa, perilaku koruptif yang kian membentuk piramida strata sosial di mana-mana, dan kerusakan lain yang terus mengisi dalam sisa umur dunia. Segala kerusakan tersebut tidak lain adalah ekses dari berpalingnya manusia dari `suara langit`. Manusia mengganti agama Tuhan dengan agama keangkuhan. menjual keaslian dengan murah dan membeli pelbagai kepalsuan dengan harga yang begitu mahal.  Keseimbangan dunia, termasuk di dalamnya kehidupan umat manusia menjadi terganggu akibat ulah manusia yang merasa berdaulat atas segalanya. Sadarilah, bumi kita ini berada dalam satu galaksi yang luasnya, dan jagat raya ini, terdiri dari sekitar 170 milyar galaksi, dan ada sekitar 160 milyar planet dalam tiap galaksi, tidak perlu kita merasa cukup besar diri. Memang, Allah memberikan makhluk super kecil ini dengan hasrat yang sangat besar sekali, inilah sebagai batu uji, barang siapa yang gagal mengatasinya akan menjadi manusia yang gagal paham dan membelakangi segala yang ilahi dan kodrati.
Dalam Al-Quran, ketika Allah membahas tentang manusia, Allah selalu menyertainya dengan karakter bawaan manusia sebagai;
يريد الله أن يخفف عنكم وخلق الإنسان ضعيفا
“dan manusia dijadikan bersifat lemah” (Q.S. Annisa ; 28),
ويدع الإنسان بالشر دعاءه بالخير وكان الإنسان عجولا
“…dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa” (Al-Isra` : 11),
خلق الإنسان من نطفة فإذا هو خصيم مبين
“Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata” (Q.S. An-Nahl : 4), “
وإذا مس الإنسان الضر دعانا لجنبه أو قاعدا أو قآئما فلما كشفنا عنه ضره مر كأن لم يدعنا إلى ضر مسه كذلك زين للمسرفين ما كانوا يعملون
begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.” (Q.S. Yunus : 12),
إنه كان ظلوما جهولا
“…sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh”. (Q.S al-Ahzab : 72),
وما يتبع أكثرهم إلا ظنا إن الظن لا يغني من الحق شيئا إن الله عليم بما يفعلون
“dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja, sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran”. (Q.S. Yunus : 36).
Itulah di antara sekian banyak sifat buruk manusia yang diinformasikan oleh penciptanya sendiri di dalam Al-Quran. manusia adalah lemah,  tergesa-gesa, pembangkang, melampaui batas, zalim dan bodoh, serta suka mengikuti persangkaan belaka. Cara pandang mengenai kemanusiaan yang selama ini mulai berat dipengaruhi oleh sekularisme, liberalisme, dan relativisme Barat, sudah harus diganti. Bukankah Allah telah berfirman :
قلنا اهبطوا منها جميعا فإما يأتينكم مني هدى فمن تبع هداي فلا خوف عليهم ولا هم يحزنون
“Turunlah kamu semuanya dari surga itu! kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka…” (Q.S al-Baqarah : 38).

Penulis: Nauval Pally Taran
Artikel ini telah dimuat di serambinews.com, dan telah mengalami beberapa perubahan.



Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :


[akhlaq dan nasehat][bleft]
[Fiqih][bleft]

Masjidil Haram Terkini

Masjid Nabawi Terkini